Bambang Haryo : Pemerintah Jangan Bohongi Rakyat Terus, Segera Turunkan Harga BBM

2
Bambang Haryo S, Anggota DPR RI periode 2014 - 2019 dari Fraksi Partai Gerindra

Surabaya – Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Bambang Haryo Soekartono meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melakukan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Tidak ada alasan pemerintah untuk menunda-nunda penurunan harga BBM, apalagi harga minyak dunia terus merosot hingga dibawah US$ 45 per barel,” tulis Bambang dalam rilis yang dikirimkankan ke redaksi fren247, Jumat (16/1).

Bambang mengecam sikap pemerintahan Jokowi yang terus menunda-nunda penurunan harga BBM tanpa alasan yang jelas tersebut.

“Pemerintah Jokowi kejam, jangan terus membohongi rakyat dan mengambil keuntungan diatas penderitaan rakyat yang sudah sangat susah,” tegas Bambang.

Disampaikan juga oleh Bambang, pemerintah seharusnya membuat kebijakan yang lebih pro kepada rakyat. Terutama terkait persoalan Subsidi BBM.

Bambang menyarankan agar subsidi BBM diberikan lebih besar pada Solar. Sehingga harga Solar lebih besar penurunan harganya dibanding Premium. Alasannya, karena solar sangat dibutuhkan untuk transportasi publik dan transportasi logistik.

“Jika perlu Premium yang kebanyakan untuk transportasi pribadi mensubsidi silang harga Solar. Idealnya harga Solar bisa lebih murah minimal sekitar 30 % daripada Premium” jelas Bambang.

Menurut Bambang, dengan cara tersebut, masyarakat bisa lebih termotivasi menggunakan transportasi publik. Jika masyarakat sudah berpindah ketransportasi publik, akan menurunkan konsumsi BBM Premium. “Akhirnya juga akan mengurangi kepadatan serta kecelakaan di jalan raya,” katanya.

Bambang juga menjelaskan bahwa dengan memperbesar subsidi Solar, akan berdampak langsung pada penurunan tarif angkutan Logistik.

“Jika tarif Logistik bisa diturunkan maka dampak luasnya adalah harga sembako dan kebutuhan masyarakat lainnya akan ikut turun dan terjangkau oleh masyarakat,” jelasnya.

“Untuk itulah, saya menyarankan agar pemerintah secepatnya menurunkan harga BBM bersubdisi, karena bisa berdampak dengan daya beli masyarakat yang meningkat nantinya, bila tidak, memang pemerintahan Jokowi kejam terhadap rakyatnya” tutup Bambang.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca