Bambang Haryo : Menteri Susi Tenggelamkan Kapal Asing, Tindakan Bodoh dan Pencitraan

15
Bambang Haryo S, anggota DPR RI Komisi VI

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti kembali menenggelamkan kapal asing illegal fishing yang tertangkap di perairan Indonesia. Kali ini sebanyak 41 kapal yang ditenggelamkan diberbagai daerah di Indonesia..

Bambang Haryo, anggota Komisi VI dari Fraksi Gerindra DPR RI, mengatakan Kebijakan Menteri Susi ini tidak tepat dan terkesan sangat arogan dan bodoh. “Saya tidak setuju dengan aksi bom 41 kapal nelayan karena implikasi terhadap marine pollution sangat besar,” jelasnya.

“Peraturan IMO (International Marine Organization), kita dilarang buang sampah non organik ke laut seperti dengan membom kapal atau benda non organik dibuang ke laut, sangat dilarang. Kapal-kapal ini dibom tidak lebih dari 1 mile dari pantai, padahal berdasarkan Peraturan IMO yang ada harusnya dibuang minimal dijarak 36 mile dari pantai,” ungkap Bambang di Jakarta hari ini, Kamis (21/05).

Bambang menyarankan pemerintah memanggil dubes dari negara asal kapal asing tersebut serta minta pertanggungjawaban dibanding melakukan penenggelaman dengan cara dibom.

“Dan perlu diketahui bahwa kapal-kapal yang dibom Menteri Susi bukan kapal-kapal yang ditangkap di masa Presiden Jokowi. Melainkan masa pemerintahan SBY. Disini sudah sangat terlihat bahwa tindakan ini hanya pencitraan saja” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini