Aliansi Mahasiswa Jawa Timur Tuntut Jokowi Cabut Kebijakan Menaikan BBM

2

Surabaya – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam barisan Aliansi Mahasiswa Jawa Timur (AMJT) melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Rabu, (19/11). Aksi unjuk rasa dilakukan didepan gedung Grahadi Surabaya.

Mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur tersebut, menuntut presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menurunkan harga BBM Subsidi. Mereka menuntut Jokowi mencabut kebijakan yang dikeluarkannya pada Senin (17/11) lalu yang menaikkan harga BBM Subsidi. Para Mahasiswa memandang kebijakan tersebut akan membuat kehidupan masyarakat makin sulit.

Aksi AMJT ini diawali dengan longmarch dari depan monumen kapal selam menuju Grahadi. Para pengunjuk rasa melewati jalan protokol mulai dari jalan pemuda, monumen bambu runcing dan terus ke Grahadi.

Selain berorasi, para demonstran juga melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan kesusahan yang dialami oleh rakyat akibat kebijakan pemerintah yang menaikan harga BBM Subsidi.

Selain menuntut pemerintah mencabut kebijakan menaikan harga BBM Subsidi, AMJT juga menuntut pemerintah memperbaiki kebijakan lainnya dan menghapus kebijakan yang tidak pro rakyat.

Berikut butir butir tuntutan AMJT :

  1. Turunkan harga BBM
  2. Lawan pemberlakuaan pasar bebas dan masyarakat ekonomi Asia
  3. Lawan kapitalisasi pendidikan
  4. Cabut Undang Undang Perguruan Tinggi
  5. Tolak politik upah murah dan hapus outsoursing
  6. Hapus Undang Undang No 22 tahun 2001 tentang Migas
  7. Hapus Undang Undang No 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal Asing
  8. Tolak represifitas terhadap gerakan Mahasiswa dan Masyarakat

Selain dari itu, Aliansi Mahasiswa Jawa Timur juga memberikan rekomendasi terkait kesejahteraan rakyat kepada rezim Jokowi – JK:

  1. Nasionalisasi aset vital
  2. Bangun industri nasional yang kuat dan mandiri
  3. Wujudkan kedaulatan energi nasional
  4. Berikan kesehatan gratis
  5. Pendidikan gratis, ilmiah, demokrati, dan bervisi kerakyatan
  6. Wujudkan reforma agraria sejati
  7. Wujudkan demokrasi sejati

Tuntutan dan rekomendasi terkait kesejahteraan rakyat ini kemudian disampaikan oleh beberapa orang perwakilan AMJT kepada Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, untuk kemudian disampaikan ke Pemerintah Pusat.

AMJT ini terdiri dari berbagai elemen Mahasiswa baik organisasi intra maupun extra kampus. Dari elemen intra kampus terlihat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga (Unair), BEM Universitas Muhammadiyah Surabaya. Sementara diantara organisasi extra yang tampak adalah katan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca