Parade Juang 10 November di Surabaya Diikuti Perwakilan Pelajar Indonesia

1

Surabaya – Seperti tahun-tahun sebelumnya di Surabaya selalu diadakan peringatan hari Pahlawan 10 November dengan kegiatan parade, yang biasa disebut Parade Juang.

Parade juang kali ini dilakukan pada Minggu tanggal 9 November, mengambil rute seperti biasanya, dari tugu pahlawan menuju jalan Tunjungan terus ke jalan Pemuda dan masuk ke jalan Yos Sudarso sebelum berakhir di Balai Kota Surabaya.

Yang istimewa pada parade kali ini adalah ikut sertanya para pelajar dari kota-kota lain di Indonesia meramaikan parade juang ini. Ratusan pelajar yang berasal dari berbagai kota di Indonesia dengan pakaian adat khas daerah masing masing, ikut menyusuri jalan di kota Surabaya dan merasakan kemeriahan peringatan hari Pahlawan khas Kota Surabaya.

Keikutsertaan pelajar dari tingkat SLTP dan SLTA ini adalah dalam rangkain kegiatan Kongres Pelajar Nusantara yang akan dilaksanakan Senin (10/11) besok. Tampak para pelajar ini membaur dengan pelajar dari Surabaya dan bersemangat mengikuti parade yang juga diikuti oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan jajaran pemerintahan di kota Surabaya.

Tepat pada pukul 14.30 siang, peserta parade dilepas oleh Risma dari Tugu Pahlawan Surabaya. Menyusuri jalan Tunjungan, Risma ikut serta dalam barisan peserta parade. Persis didepan Hotel Majapahit, Risma yang didampingi Wakil Walikota Surabaya, Wisnu Sakti Buana, serta ketua DPRD Surabaya, Armudji, berhenti beberapa saat untuk menyaksikan pengibaran bendera diatas atap Hotel.

Bendera merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya dikibarkan di tiang bendera diatas atap Hotel yang pada peristiwa 10 November 1945 dikenal dengan nama Hotal Yamato. Diatap hotel inilah para pemuda Surabaya pada masa itu, merobek bendera Belanda dan menggantinya dengan bendera Merah Putih.

 

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca