Mendagri Keluarkan Surat Edaran, Pemkot Surabaya Bisa Cairkan Bopda

5

Surabaya – Keresahan sekolah tingkat menengah (SMA/SMK) di Surabaya yang terganjal pencairan Dana Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (Bopda) tahun 2015, hilang sudah. Hal ini dikarenakan keluarnya Surat Edaran (SE) Mendagri No. 20/253/SJ tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan, yang menegaskan masa transisi peralihan urusan pengelolaan SMA/SMK dari Pemkab/Pemkot ke pemprov.

Didalam surat edaran yang ditandatangani Mendgari, Tjahyo Kumolo pada tanggal 16 Januari tersebut, ditegaskan bahwa untuk menghindari stagnasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berakibat terhentinya pelayanan pada masyarakat, maka sebelum dilaksanakan serah terima Personel, Pendanaan, Sarana Prasarana dan Dokumen (P3D) akibat pembagian kewenangan pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten/Kota, maka seluruh urusan penyelenggaraan pemerintah daerah tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Dengan adanya edaran ini, maka Pemerintah kota Surabaya yang sudah menggarkan Bopda untuk seluruh sekolah SLTA di Surabaya dapat mencairkan Bopdanya tersebut.

Bopda akan dicairkan kepada 109.650 siswa SMA/SMK, baik negeri dan swasta. Setiap siswa mendapat anggaran Rp 152.000 per bulan. Rinciannya, SMAN terdiri dari 22.433 siswa, SMKN sebanyak 20.429 siswa, 31.134 siswa SMA swasta dan 35.654 siswa SMK swasta.

 

 

MENARIK DIBACA

loading...

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini