Tahlilan Wilujengan Peringatan Ulang Tahun Keraton Surakarta

4

Solo – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Keraton Surakarta yang ke 270 tahun masehi atau yang ke 278 tahun penanggalan Jawa, para pengageng dan pejabat internal keraton Surakarta mengadakan kegiatan Tahlilan Wilujengan di Sasana Handrawina Keraton Surakarta, Senin (10/11) siang. Dalam kegiatan ini, selain membacakan sejarah singkat berdirinya keraton Surakarta, juga diadakan pula doa bersama serta membagikan jenang Suran bersama. Saat pembacaan doa, hampir seluruh hasil bumi juga ada dalam kegiatan ini.

Wakil Pengageng Sasono Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Pangeran Winarno Kusumo mengatakan memang dalam tahlilan ini hanya dilakukan oleh internal keraton dan juga acara tunggal hanya tahlilan.

“Dengan hari jadi ini, kami berharap keraton Surakarta semakin diterima masyarakat luas, bukan hanya masyarakat Indonesia saja, melainkan juga masyarakat Mancanegara,” ujar pria yang akrab disapa Kanjeng Win ini saat ditemui disela kegaiatan.

Kanjeng Win juga menjelaskan, kegiatan ini dipimpin langsung oleh KGPH Puger. Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa jenang Suran tersebut terbuat dari beras. Dimana jenang itu merupakan simbol seorang manusia yang lemah di hadapan sang pencipta.

“Dengan bertambahnya umur, kami berharap pemerintah Kota terkait, mampu peduli dengan keraton. Karena bagaimanapun juga keraton memiliki peran sangat penting dalam berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tepat enam hari setelah keraton berdiri, keraton Jogjakarta juga ikut berdiri,” paparnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca