Ratusan Pedagang Bakal Meramaikan Sekaten Solo

6

031214-RADITYA-SEKATEN
Solo – Perayaan maleman Sekatan yang dipusatkan di Alun-alun utara Keraton, baru akan berlangsung pada 11 Desember hingga 4 Januari mendatang, namun saat ini sudah banyak para peserta yang mulai berdatangan dan mengisi kawasan tersebut.

Salah satunya Adir Maulana Putra, yang setiap acara Sekaten di Solo, tidak pernah melewatkan sekalipun. Adir menyediakan wahana kereta-keretaan yang didatangkan langsung dari Salatiga.

“Datang ke Solo baru awal pekan ini, karena memang menyusun wahana ini cukup membutuhkan waktu lama. Terlebih lagi saat ini musim hujan tiba, jadi sedikit menggangu persiapan,” ujarnya saat berbincang dengan Fren247, Rabu (3/12) siang.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Maleman Sekaten Keraton Kasunanan Surakarta, KRMH Satriyo Hadinagoro, mengakui jika Sekaten ini merupakan bagian dari upacara adat keraton untuk memperingatai kelahiran Nabi Muhammad SAW, ada sekitar 500 peserta yang bakal meramaikan kawasan peringatan Sekaten.

“Ini bagian dari upacara adat keraton dan sudah rutin dilaksanakan. Jadi tidak ada perbedaan dengan sebelumnya dan ini sudah berlangsung puluhan tahun sejak leluhur keraton,” jelasnya.

Sebenarnya inti dari perayaan meleman Sekaten itu 27 Desember mendatang, dengan keluarnya gamelan yang diletakan di halaman Masjid Agung Surakarta. Sedangkan banyaknya pedagang merupakan hiburan tersendiri untuk masyarakat.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca