Puslitbang Kementerian PU Cek Struktur Bangunan Pasar Klewer

4

Solo – Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbang) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Republik Indonesia, terus melakukan pengecekan terkait struktur bangunan Pasar Klewer Solo, pasca terbakarnya pasar tersebut beberapa waktu lalu. Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah stuktur bangunan tersebut masih layak digunakan atau tidak.
 
Kepala Balai Tata Bangunan Kementerian PU, Arfi Ardiantoro menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengecekan sejak hari Minggu (4/1) kemarin.
 
“Sampai saat ini kita telah mengumpulkan beberapa hasil penemuan, salah satunya beton yang digunakan untuk menyanga bangunan. Mengenai hasil kami belum bisa menguaraikan, sebab setelah ini hasil penemuan akan kami lakukan pengecekan di laboratorium,” ujar Ardi saat berbincang dengan Fren247, Selasa (6/1).
 
Arfi menjelaskan, hari Rabu (7/1) pihaknya sudah kembali ke Jakarta. Mengenai proses pengecekan Laboratorium bakal dilakukan di Kota Bandung dan membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mendeteksi hasil tersebut.
 
‘Tugas kami hanya melakukan pengecekan bangunan, setelah itu hasilnya akan kami berikan kepada pemerintah Kota Solo. Mengenai akankah bangunan ini (Pasar Klewer) akan dirobohkan atau tidak itu bukan tugas kami,” tegasnya.
 
Tim yang ikut serta dalam pengecekan tersebut terdiri dari sekitar 10 orang. Dimana proses pengambilan hasil temuan berdasarkan sample dari beberapa titik bangunan.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca