Peringati Hari AIDS Lewat Seni Instalasi

1

PERINGATAN-HARI-hiv-AIDS Solo

Solo – Dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember, Republik Aeng-aeng mengadakan kegiatan seni instalasi yang menggambarkan bahaya penyakit HIV/AIDS, di kawasan CFD Solo, Minggu (30/11) pagi. Dalam kegiatan ini ditampilkan sepuluh patung mannequin serta beberapa sosok pria yang menggunakan pakaian serba hitam dan membawa senjata tajam.

“Selain memperingati hari HIV/AIDS, kegiatan ini juga memberikan sosialiasi kepada masyarakat bahwa penyakit ini sangat berbahaya. Terlebih lagi bisa menyebabkan kematian, sehingga dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap generasi muda khususnya, untuk tidak mencoba melakukan hal seperti ini (pergaulan bebas – Red),” ujar Pendiri Republik Aeng-aeng, Mayor Haristanto, saat berbincang dengan Fen247 disela kegiatan.

Mayor juga menjelaskan makna seni instalasi yang dibuat dalam acara ini, patung mannequin menggambar seorang perempuan dan Pria yang menggunakan pakaian serba hitam merupakan sosok seorang pria yang bergonta ganti pasangan, sehingga dengan mudah menularkan virus tersebut kepada sang perempuan.

“Kenapa saya beri senjata, karena kapanpun penyakit itu bisa menyerang. Sehingga senjata itu juga kapanpun siap menerkam,” katanya.

Sementara itu Mulyoto salah seorang relawan yang berperan sebagai sosok laki-laki dengan menggunakan pakaian serba hitam menjelaskan, meski kegiatan terbilang sederhana namun syarat akan makna. “Selain setia pada pasangan, mungkin juga menutup kawasan protistusi. Selain memberikan pemahaman kepada generasi muda, kami juga ingin menyadarkan kepada masyarakat, meski ada saudara di sekitar kita terkena penyakit ini. Kita jangan mengucilkan mereka, namun kita harus memberikan suntikan motivasi kepada penderita,” ungkapnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca