Perda Solo : Kehilangan dan Kerusakan Saat Parkir Jadi Tanggung Jawab Pengelola Parkir

1

sosialisasi-parkir di solo
Solo – Pemerintah Kota Solo dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo mulai melakukan sosialisasi terkait hak bagi pengguna parkir. Sosialisasi tersebut dilakukan dengan menempelkan sebuat stiker yang bertuliskan peraturan daerah (perda) yang menyangkut hal tersebut.

Pada stiker tersebut terdapat tulisan, Pasal 223 huruf g perda No. 1 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Kota Solo. Dimana inti peraturan tersebut menyatakan dalam melakukan usahanya pengelola parkir mempunyai kewajiban memberikan ganti rugi atas kehilangan kendaraan termasuk kelengkapanya dan kerusakan yang dialami karena kesengajaan atau kealpaan petugas parkir.

Untuk pertama kalinya, stiker tersebut di tempelkan di area parkir Solo Grand Mall (SGM), Selasa (18/11) siang. Salah satu alasan pemilihan tempat ini, karena SGM merupakan salah satu Mall terbesar di Solo dan banyak masyarakat yang berkunjung kesitu.

“Jika seseorang pengguna parkir mengalami kehilangan akan suatu barangnya, itu merupakan tanggung jawab petugas parkir. Dalam hal ini petugas parkir tersebut harus memberikan ganti rugi terkait apa yang dialami pengguna parkir. Terkait besarnya berapa persen itu semua akan diputuskan dalam sidang, yang jelas jika pengguna parkir mengalami kehilangan atau kerusakan terhadap kendaraan yang di parkir, silahkan laporkan ke Dishubkominfo Solo,” ujar kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro, disela kegiatan.

Pihaknya mengakui bakal melakukan sosialisasi di 150 obyek yang ada di kawasan Kota Bengawan, mulai dari Mall, stasiun, rumah sakit, hotel dan tempat lainya. “ Selain itu kami juga berharap kepada masyarakat untuk mau menjaga kendaraan sendiri, meski sudah di parkirkan, Salah satunya dengan mengunci sepeda montor secara baik dan benar,” harapnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca