Perayaan Sekaten Tahun Ini, Keraton Surakarta Sajikan Koleksi Busana

4

Solo – Ketua Pantia Pelaksana Maleman Sekaten Keraton Kasunanan Surakarta, KRMH Satriyo Hadinagoro mengatakan perayaan Sekatan kali ini berbeda dengan perayaaan sebelumnya. Dimana untuk penyelenggaraan tahun ini keraton menampilkan koleksi-koleksi busana dari zaman dahulu hingga saat ini.

“Kami mengangap banyak masyarakat belum mengetahui, khususnya bidang busana, Yakni mulai berapa macam ageman (pakaian) hingga gelungan apa saja yang dimiliki keraton. Selain itu, kami juga mendisplay busana temanten agung keraton Surakarta, dari mulai kirab sampai resepsi nanti ada semua. Bukan berarti kami memaksa masyarakat untuk seperti itu tidak, namun kami ingin masyarakat memahami yang kiranya mereka belum paham,” ujarnya saat acara doa bersama sebelum pembukaan Sekaten, di Pagelaran keraton, Kamis (11/12) siang.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga menampilkan sumbangsih Keraton terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebelum adanya NKRI, hingga adanya NKRI.

“Perjuangan Pakubuono XII juga kami tampilkan sebelum dan sesudah adanya NKRI. Apa yang sudah dirinya berikan untuk NKRI kami tampilkan. Selain itu, kami mengeluarkan gamelan yang belum pernah dikeluarkan dalam kegiatan Sekaten, yakni gamelan kodok ngorek dan coro balen,” katanya.

Pihaknya juga menerangkan, untuk tahun ini jumlah stan di pagelaran sebanyak 55 stan, sedangkan di alun-alun utara jumlahnya sekitar 480 stan. Perayaan Sekaten bakal dimulai pada 11 Desember hingga 4 Januari.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca