Pemkot Solo Launching Mobil Keliling Administrasi Kependudukan

1

Solo – Pemerintah Kota (pemkot) Solo secara resmi melaunching Pelayanan Mobil Keliling Administrasi Kependudukan, di kelurahan Jagalan, Jebres Solo, Jumat (19/12) pagi. Meski keberadaan mobil keliling baru satu unit, namun diharapkan mobil tersebut mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan lainya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solo, Suwarta menjelaskan anggaran yang digunakan untuk pengadaan satu mobil tersebut, yakni Rp 414 juta. Tak hanya itu saja, pihaknya juga masih melakukan penambahan IT sekitar Rp 40 juta.

“Ini merupakan pertama kalinya Solo memiliki mobil keliling untuk pelayanan administrasi kependudukan. Biasanya masyarakat mengurus administrasi kependudukan di kantor Kelurahan selama 14 hari, namun untuk kali ini menggunakan One Day Service, asalkan syarat yang diajukan sudah memenuhi,” ujarnya disela kegiatan.

Suwarta menjelaskan bahwa untuk jam operasi mobil ini akan dilakukan diluar jam kerja. “Untuk tahap pencobaan mungkin akan kami lakukan dua kali dalam satu minggu, untuk pengoperasianya kami mulai pada pukul 16.00 hingga 20.00 WIB,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang melaunching mobil keliling tersebut, berharap masyarakat yang berada di pelosok Kota Solo, bisa mendapatkan pelayanan yang baik. Sehingga komitmen pemkot Solo untuk mengutamakan pelayanan terbaik kepada masyarakat dapat terlaksana dan terus dikembangkan.

“Ya kalaupun perlu tahun depan dilakukan penambahan lagi, syukur-syukur setiap kecamatan sudah memiliki mobil keliling pelayanan administarsi tersebut. Selain itu komitmen petugasnya pun juga harus terus dipertahankan,” ujar Rudy, sapaan Walikota Solo tersebut.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca