Pembangunan Pasar Darurat di Alun-Alun Utara, Keraton Beri Lampu Hijau

4

Solo – Salah seorang kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kangjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Satrio Hadinagoro menyatakan tak keberatan jika lahan Alun-alun utara akan digunakan sebagai lokasi pasar darurat, bagi para pedagang Pasar Klewer. Meski begitu, pihaknya berharap ada komunikasi intensif antara pihak kraton dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, karena lokasi tersebut juga sering digunakan kraton untuk beberapa kegiatan.

“Dalam satu tahun, kraton selalu menggunakan lokasi alun-alun utara untuk lima kali upacara adat, selain sekaten, suro, masih ada banyak kegiatan lainya. Sehingga hal ini harus menjadi perhatian khusus, mengingat jumlah pedagang yang akan berjualan jumlahnya cukup besar,” ujar Satrio Hadinagoro kepada Fren247, Rabu (7/1).

Pria Yang akrab disapa Satrio ini menegaskan, apapun keadaanya, kraton tetap akan peduli dengan keberadaan pasar klewer. Mengingat pasar klewer sudah menjadi satu ikatan, dengan Masjid Agung Surakarta dan Kraton Surakarta.

“Masjid Agungnya religius, Pasar Klewernya ekonomi dan Keraton Surakarta budayanya. Saya rasa inilah hal yang tak bisa dipisahkan dari ketiga kawasan tersebut,” katanya.

Menurut rencana, jika nantinya pihak kraton Surakarta memberikan izin untuk pembangunan pasar darurat, pasar tersebut bakal dibangun tak sembarangan. Mengingat dana yang akan digunakan untuk pembangunan sekitar Rp 22 Miliar. Bangunanya pun diperkirakan berbentuk semi permanen.

MENARIK DIBACA

loading...

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini