Naskah Kuno Perpustakaan Masjid Agung Bakal Didigitalisasi

2

Solo – Beberapa koleksi kuno yang berupa kitab di Perpustakaan Masjid Agung Solo mengalami kerusakan akibat dimakan rayap. Padahal penyimpananya sudah terbilang benar, yakni berada di dalam almari, namun sayang almari tersebut terbuat dari kayu dan bersentuhan langsung dengan tembok. Sehingga rayap dengan mudah menyerang naskah tersebut.

“Kalau di lihat dari depan sebenarnya tak ada masalah, namun ketika diambil, di bagian belakang kitab sudah hampir habis di makan rayap. Kurang lebih 35 persen naskah yang dimakan rayap,” ujar Kerabat Keraton, Kanjeng Pangeran (KP) Edi Wirabumi, saat melihat naskah-naskah tersebut di perpustakaan Masjid Agung, Kamis (13/11) siang.

Melihat hal tersebut, pihaknya berencana melakukan digitalisasi naskah guna menyelamatkan naskah-naksah tersebut. Dirinya juga mengakui kebanyakan naskah yang tersimpan di perpustakaan tersebut merupakan peninggalan PB X.

“Baik dari segi hardware maupun softwarenya sudah ada. Bahkan beberapa waktu lalu ada tawaran dari beberapa pihak untuk melakukan digitalisasi naskah tersebut. Nanti coba saya komunikasikan dengan pihak keraton dahulu seperti apa,” katanya.

Jika hal ini tak diantisipasi jauh-jauh hari, bukan tak mungkin kedepan naskah-naskah kuno tersebut akan mengalami kerusakan. Sangat disayangkan jika hal tersebut terjadi, karena naskah tersebut sampai saat ini masih menjadi bahan edukasi bagi banyak orang.

“Ya untuk sementara waktu, mungkin akan kita beri dahulu obat anti rayap. Selain memindahkan naskah ke tempat yang lebih aman, saya berharap kepada pengelola juga aktif melakukan pengecekan dan pembersihan naskah,” harapnya.

131114-raditya-digitalisasi-naskah-2

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca