Lokasi Pasar Darurat ex Pedagang Pasar Klewer Kemungkinan di Alun-Alun Utara

2
Kondisi Pasar Klewer Pasca Terbakar

Solo – Teka teki terkait keberadaan pasar darurat bagi pedagang Pasar Klewer pasca terbakar beberapa waktu lalu akhirnya terjawab sudah. Kemungkinan pemerintah kota (pemkot) Solo akan menggunakan kawasan Alun-alun utara untuk menampung sekitar 1.500an pedagang.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan beberapa pihak sudah setuju terkait pemilihan tempat tersebut. Memang beberapa waktu lalu, ada tiga tempat yang akan digunakan untuk membangun pasar darurat, selain alun-alun utara, ada benteng Vastenburg dan juga kawasan PGS (Pusat Grosir Solo).

“Kami sudah mengadakan pembicaraan dengan HPPK (Himpunan Pedagang Pasar Klewer). Intinya mereka setuju. Saat ini kita tengah mengajukan permohonan kepada pemilik lahan (keraton Surakarta), sembari kami mengajukan permohonan kita juga masih menunggu lokasi alun-alun yang masih di tempati pedagang sekaten,” ujarnya, Rabu (7/1) siang.

Dilain sisi, pria yang akrab disapa Rudy ini menargetkan pertengahan tahun 2016 nanti pembangunan pasar darurat sudah selesai, meski begitu, jika pembangunan lebih cepat dari yang diharapkan, justru itu malah lebih baik.

“Saya rasa lokasi pasar darurat sudah memenuhi beberapa kriteria, selain dekat dengan kawasan Pasar Klewer, lokasi ini juga terbilang cukup strategis. Ya harapan kami pihak keraton setuju, tinggal kami melakukan pengukuran dan membuat detailed engineering design (DED),” harapnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca