Koleksi Museum Radya Pustaka Bakal di Kirab

1

Solo – Untuk pertama kalinya, Museum Radya Pustaka Solo bakal mengadakan kegiatan kirab pada Jumat (7/11) besok sore. Kirab yang diadakan dalam rangka menyambut bulan Suro ini bakal menampilkan beberapa koleksi yang dimiliki Musem Radya Pustaka.

Ada sekitar enam koleksi yang dimiliki museum tersebut, kesemuanya merupakan koleksi pusaka. Dianatara pusaka tersebut seperti Kyai Pancasula, Kyai Wicaksana, Kyai Wibawa, Kyai Waspada, Kyai Wasis, dan Kyai Waskito.

“Kesemuanya itu merupakan jenis pusaka tertua yang dimiliki museum. Kalau tidak salah, sudah lebih dari 124 tahun pusaka-pusaka tersebut menempati museum,” jelas Ronggojati Sugiatno, penangggung jawab kegiatan, saat jumpa pers, Kamis (6/11).

Dalam kirab nanti, masing-masing pusaka bakal didampingi oleh dua orang. Selain itu juga bakal menampilkan beberapa kesenian lainya, seperti barisan gamelan Coro Balen dan beberapa kesenian lainya.

“Harapan kami masyarakat luas bisa tahu, bahwa di Musem Radya Pustaka memiliki koleksi benda yang cukup bersejarah. Ini yang pertama kalinya, namun kami sudah berkomitem untuk selalu mengadakan kegiatan serupa, namun dengan koleksi yang berbeda untuk dikirab pada tahun mendatang,” jelas Sugiatno.

Sementara itu salah seorang seniman asal Solo dan juga kordinator pelaksana kegiatan, ST Wiyono, berharap dengan kegaiatan ini mampu mengajak masyarakat luas untuk ikut memiliki Musem Radya Pustaka. Karena di tempat inilah masyarakat maupun generasi penerus bangsa akan kembali mengenal sejarah yang pernah terjadi di negara kita.

Mengenai rute kirab sendiri, akan mengelilingi sekitar museum dengan jarak kurang lebih 2 kilometer.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca