Harga Kebutuhan Pokok Belum Terimbas Kenaikan Harga BBM Subsidi

2

111114-raditya-cabai1

Solo – Meski secara resmi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi mulai diberlakukan hari ini, Selasa (18/11), namun harga kebutuhan pokok masih terbilang stabil dan tak ada kenaikan yang berarti. Salah seorang pedagang di kawasan Pasar Legi Solo, Ariani saat ditemui Fren247, Selasa (18/11) siang, mengaku sampai saat ini belum ada kenaikan harga kebutuhan pokok. Semua masih stabil.

“Ya naiknya bukan sekarang, karena sekarang ini masih stok lama, jadi stok lama dihabiskan dahulu. Jadi saya rasa harga mulai naik mungkin beberapa hari kedepan atau setelah stok itu datang lagi,” jelasnya.

Ketika disinggung berapa besarnya kenaikan harga yang terjadi, pihaknya belum bisa memastikan. Karena semua itu tergantung dari pengiriman barang. “Kalau yang sudah-sudah kenaikanya bervariatif, sehingga saya tak bisa memperkirakan berapa persen harga akan naik,” terang Ariani yang sudah berjualan selama lima tahun di pasar ini.

Meski begitu, pihaknya yakin kenaikan kebutuhan pokok bakal naik secara otomatis. “Biasanya sebelum saya menaikan harga, beberapa hari sebelumnya, saya selalu memberitahukan kepada konsumen dahulu. Agar tidak kaget saat membeli kebutuhanya,” akunya.

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang lainya, Wuryati, ia menegaskan harga belum ada kenaikan, masih sama seperti kemarin, meski harga BBM sudah naik.

“Ya kalau dari pemasok harganya mengalami kenaikan, saya juga ikut menyesuaikan. Kalau tidak saya malah yang rugi sendiri,” katanya.

Sebagaimana diketahui, pada Senin (17/11) malam, sepulang dari lawatannya keluar negeri, Jokowi mengumumkan kenaikan harga BBM Subsidi. Dengan didamping oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Jokowi mengumumkan kenaikan harga Premium dari Rp.6.500 menjadi Rp.8.500 atau naik sebesar Rp 2.000 per liter. Sementara untuk Solar juga mengalami kenaikan Rp 2.000 perliter dari Rp.5.500 menjadi Rp.7.500 per liter. Harga baru berlaku efektif sejak pukul 00.00 WIB pada Selasa (18/11).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca