BBM Belum Naik Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

0

111114-raditya-cabai
Solo – Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, sejumlah harga kebutuhan pokok mulai naik di pasar tradisional. Hal ini dipicu akibat kegagalan panen di sejumlah wilayah. Salah satu komoditas yang mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni cabai. Biasanya cabai merah besar biasanya dijual Rp 38.000-Rp 40.000, kini harga di pasaran bisa mencapai Rp 45.000-Rp 50.000.

“Sudah hampir tiga pekan ini harga cabai mengalami kenaikan, tingginya harga cabai karena adanya kegagalan panen di daerah lokal Kota Solo. Sehingga pasokan di daerah lokal pun sedikit dan kami harus mengambil dari luar kota, seperti NTT. Jadi harganya tinggi itu karena memang biaya pendistribusianya cukup mahal,” ujar salah seorang pedagang kebutuhan pokok, Santosa, saat ditemui Fren247 di Pasar Legi Solo, Selasa (11/11).

Selain itu, harga beras juga mengalami kenaikan. Salah satunya beras jenis C4 super dan mentik yang harganya Rp 9.500 per kg menjadi Rp 10.000 per kg. Untuk harga beras mengalami kenaikan dari Rp 500 dampai Rp1.000 per kg. Tak hanya itu saja, harga ayam perlahan juga menunjukan kenaikan. Hampir setiap hari harga ayam mengalami kenaikan hingga 10 persen.

“Memang hampir keseluruhan kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Mungkin ini dampak beredarnya rencana kenaikan BBM. Sebenarnya saya tidak tega hampir setiap hari menaikan harga, namun mau bagaimana lagi, dari pemasok saja sudah mengalami kenaikan. Kalau saya juga tak ikut menaikan harga, saya tak dapat keuntungan apa-apa,” jelas  Wijayanti, pedagang kebutuhan pokok lainnya di Pasar Legi.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca