Aliansi Mahasiswa Papua Tuntut Pihak Berwajib Usut Tuntas Kasus Kekerasan di Papua

2

Solo – Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM), puluhan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) mengelar aksi simpatik terhadap korban kekerasan yang terjadi di Papua. Kegiatan yang berlangsung di kawasan Bundaran Gladak, Solo, Rabu (10/12) siang, para mahasiswa meminta pihak yang berwajib untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

“Sampai saat ini kami masih melihat saudara-saudara kami menjadi korban kekerasan begitu saja. Kami menuntut negara untuk mengusut tuntas kasus tersebut, karena bagaimanapun ini semua tanggung jawab negara,” ujar juru bicara AMP, Marsel Pigai disela kegiatan.

Pihaknya juga menilai tak ada keadilan di tanah Papua. Tak hanya itu saja, apabila terjadi perselisihan di tanah Papua, negara lebih sering menggunakan kekuatan militer dalam penyelesaian, sehingga banyak nyawa melayang begitu saja.

“Kejadian terakhir, dimana pada bentrokan 8 Desember kemarin, ada beberapa warga Papua yang menjadi korban penembakan. Kami menginginkan militer di tanah Papua untuk ditarik,” harapnya.

Selain itu, kerusuhan yang terjadi di Papua karena banyaknya perusahaan asing yang masuk di sana. Sehingga pihaknya meminta Presiden Joko Widodo mengambil tindakan tegas demi kententraman masyarakat Papua.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca