Perangi Narkoba BNN Kota Denpasar Lakukan Tes Urine di SMK PGRI 6

1
Siswi SMK PGRI 6 Denpasar akan lakukan tes urine yang diadakan oleh BNN kota Denpasar, Senin (02/02)

Denpasar – Perangi narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Denpasar lakukan  tes urine di  SMK PGRI 6 Denpasar, Senin (02/02).

Kepala Sekolah SMK PGRI 6 Denpasar, I Wayan Sukarta menyatakan, tes ini dilakukan untuk mendeteksi dini apakah ada siswa-siswi yang menggunakan narkoba. Apabila siswa-siswa diketahui memakai narkoba maka akan langsung ditindak. Selain itu adanya tes urine ini supaya siswa-siswa tahu akan bahaya narkoba.

Dia mengaku, sebenarnya  tidak mengetahui adanya pelaksanaan tes urine yang dilakukan oleh BNN.

“Sifatnya ini rahasia, kami pihak guru tidak mengetahui kapan pelaksanaan dimulai.  Kegiatan ini juga tidak diketahui oleh para siswa,” jelas Sukarta.

Mengenai hasil dari tes urine tersebut, dijelaskan oleh Sukarta, tidak akan dipublikasikan.

Bila ada indikasi siswa terbukti pengguna narkoba, pihak sekolah mengaku akan melakukan pembinaan. Namun bila tidak mampu mengatasi, akan dilimpahkan kepada pihak yang lebih profesional.

Siswa yang menjalani tes urine ini hanya kelas 3, dimana jumlah siswa ada 113 siswa dan yang hadir hanya 111 siswa.

“Siswa kelas 3 hanya ada 3 kelas. Sampel yang dibutuhkan hanya 100 sampel, jadi tidak masalah,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan masyarakat BNN Provinsi Bali, I Gusti Agung  Putra Kusuma Wijaya menyatakan,  bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memerangi peredaran narkoba di Denpasar khususnya dikalangan pelajar tingkat SMA atau SMK.

” Terpenting adalah memberikan wawasan tentang bahayanya narkoba. Untuk wilayah Denpasar target kami ada 7 sekolah. Kegiatan ini akan terus berkelanjutan, tidak hanya sekedar tes urine, kemudian ditinggalkan,” ujarnya.

Test urine yang dilakukan ini dapat mendeteksi 5 jenis kandungan narkoba dalam urine. Yaitu ganja, heroin, sabhu, ekstasi, dan jenis kandungan obat keras terlarang yang mengandung avhetamin.

“Hasil tesnya nanti akan kami sms kepada semua murid yang mengikuti tes ini,” jelasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca