Pelayanan Kesehatan Berpegang Pada Motto Sewaka Dharma

0
Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat melakukan pembinaan di Puskesmas I Denpasar Barat

Denpasar – Dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat para pegawai harus selalu berpegang pada motto Sewaka Dharma yang memiliki arti melayani adalah kewajiban.

Dengan menerapkan motto tersebut maka tidak akan ada rasa terbebani dalam melakukan pelayanan khususnya di Puskesmas, karena Puskesmas merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Jika motto Sewaka Dharma sudah diterapkan maka, profesionalisme dalam pelayanan akan terus meningkat,” ujar sekretaris Daerah Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat melakukan pembinaan di Puskesmas I Denpasar Barat, Selasa (27/01).

Dalam mengimplementasikan motto Sewaka Dharma lanjut Rai Iswara, para pegawai harus berpegangan pada janji pelayanan yakni, 3S (senyum, sopan, dan sungguh-sungguh), 3K (ketelitian, ketepatan dan kecepatan), dan yang terakhir 1E (evaluasi). “Jika dalam pelayanan ini semua pegawaimengimplementasikan motto sewaka Dharma dengan 3S, 3K, dan 1E, sudah bisa dipastikan dapat mewujudkan pelayanan yang prima pada masyarakat,” kata Rai Iswara.

Ia juga menambahkan, ada tiga hal harus ditangani secara maksimal yakni, pendidikan, kesehatan, dan bidang sosial. Namun yang paling mendasar adalah kesehatan, karena jika kesehatan disuatu daerah tidak berkembang dengan baik maka pembangunan dibidang pendidikan maupun sosial tidak akan berkembang.

“Jika ingin pendidikan berkembang pesat maka kesehatan harus berhasil. Bagaimana orang bisa melanjutkan pendidikan jika kesehatannya terganggu,” jelas Sekda Kota Denpasar.

Sementara itu Kepala Puskesmas I Denpasar Barat, dr. Luh Supadmi mengatakan, Puskemas I Denpasar Barat memiliki wilayah kerja 5 kelurahan yang didukung oleh 3 Puskesmas pembantu dan 1 Puskesmas Induk.

Pada tahun 2015 ini, Puskesmas I Denbar akan mengembangkan program Klinik Bebas Merokok (KBM). Dalam memberikan pelayanan Puskesmas ini memiliki visi, prima dalam pelayanan kesehatan menuju masyarakat sehat mandiri.

Lanjutnya, disamping memberikan kesehatan juga harus memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan aturan. “Janji layanan kami dalah CERIA (Cepat,Evisien,Ramah, Indah dan Aman,” pungkasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca