Kemenkumham Besok Hari Sabtu Pulangkan 39 WNA Tiongkok

4
Yasonna Laoly

Denpasar – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly menyatakan, bahwa 39 warga negara asing (WNA) dari Tiongkok dan Taiwan yang telah melakukan aksi penipuan akan dipulangkan pada 11-12 April 2015.

“Saat ini masih proses, mereka akan kami pulangkan besok hari Sabtu dan Minggu, kita sudah bekerjasama dengan kepolisian China,” ungkapnya di Denpasar, Jumat (10/4)

Yasona menjelaskan kerjasama Indonesia dengan negara lain dalam menangkal kejahatan penipuan melalui internet maupun pesan singkat ini sangat baik.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar Bambang Wisnu Wardhana menyatakan, 39 WNA tersebut sudah ditahan oleh pihak imigrasi semenjak Senin malam serta sudah diperiksa satu per satu.

“Perwakilan polisi Tiongkok, polisi Taiwan, dan kedubes sudah datang serta ada empat orang belum punya paspor dan rencana siang ini selesai. Nanti malam mulai bertahap, ada lima orang yang dikembalikan,” ungkapnya.

Imbuhnya, pada hari Sabtu (11/4) akan ada 10 yang dikembalikan dan sisanya pada Minggu (12/4).

“Pemulangan mereka ini dikawal oleh polisi Tiongkok dan polisi Taiwan. Kami akan terus bekerjasama dengan pihak kepolisian dan pihak-pihak terkait untuk mengawasi orang asing agar peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi,”ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa sejauh ini kendala yang dialami oleh pihak imigrasi adalah komunikasi. Pihaknya membutuhkan dua penerjemah yang membantu untuk berkomunikasi dengan WNA tersebut.

“Kami tidak mengalami kendala yang cukup berat, kendalanya hanya masalah komunikasi saja,”tutupnya.

Seperti diketahui bahwa 39 WNA itu ditangkapa Polda Bali pada Sabtu 04 April 2015 lalu, di Denpasar. Hingga saat ini diketahui bahwa para WNA itu telah melakukan penipuan di negaranya sendiri.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca