Karangasem, Kabupaten Termiskin di Bali dijadikan Tempat Ekspedisi NKRI

3
Brigjen TNI Ruslian Hariadi, Kasdam IX/ Udayana

Denpasar – Hanya ada satu kabupeten di Bali yang dijelajahi oleh tim ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yaitu Kabupeten Karangasem.

Terpilihnya Karangasem sebagai tempat ekpedisi menurut Kasdam IX/ Udayana Brigjen TNI Ruslian Hariadi karena kabupaten Karangasem itu penduduknya masih sedikit, selain itu di daerah yang paling kering di Bali itu juga termasuk kabupaten yang termiskin se- Bali.

“Rata-rata kabupaten dan kota di Bali ini sudah banyak penduduknya, hanya Karangasem saja yang penduduknya sedikit. Mungkin saja orang pusat memutuskan memilih Karangasem juga karena angka kemiskinanya juga masih tinggi,” ungkapnya, di Denpasar, Minggu (08/02).

Berbeda dengan daerah NTT dan NTB, di kedua provinsi itu ada delapan kabupaten yang dijadikan sebagai tempat ekspedisi NKRI. Karena di kedua provinsi itu masih banyak kabupaten yang terpinggir, dan masih banyak yang belum digali, dan penduduknya pun masih sedikit.

Disampaikan juga oleh Hariadi, bila daerah yang sedikit penududuknya dan miskin bisa jadi tim ekspedisi akan membantu kebutuhan masyarakat, seperti kebutuhan air bersih dan listrik.

Terlebih lagi di daerah Karangasem masih banyak yang perlu digali, baik dari segi kebudayanan dan adat istiadat, selain itu juga masih banyak tumbuhan yang mungkin juga belum di eksplore.

“Kami dari tim Kodam Udayana juga mengerahkan beberapa personil untuk ekpedisi NKRI kali ini,” paparnya.

Dia menambahkan, yang mengikuti ekpedisi ini ada dari TNI, Polri, Mahasiswa, dan peneliti atau ahli dari berbagai universitas di Indonesia.

MENARIK DIBACA

loading...

13 KOMENTAR

  1. Warga Karangasem dianggap miskin?????? Bukannya rumah2 mewah di Denpasar dan kendaraan mewah r2 r4 keluaran terbaru mudah saja mereka beli. Lihatlah acara Ngusabha di bumi Karangasem, jejeran kendaraan menengah ke atas berjejer memacetkan jalan raya. Miskin apanya?

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini