Kapal Negara Arjuna 229 Perkuat Basarnas Denpasar

3
Kapal KN Arjuna 229 Basarnas

Denpasar – Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya TNI Faustinus Henry Bambang Soelistyo meresmikan penggunaan Kapal baru untuk memperkuat armada Basarnas Indonesia.

Bambang menjelaskan dalam sambutannya, KN Arjuna 229 akan beroperasi di wilayah Bali dan akan ditempatkan di SAR Denpasar. Kapal ini merupakan bagian dari program pengadaan kapal Basarnas tahun 2014.

“Dapat membantu meningkatkan kemampuan pelayanan jasa SAR. Sehingga penanganan kecelakaaan diperaiaran yang terjadi dapat dilaksanakan dengan tepat. Cepat, efektif dan efesien,” jelas Bambang usai meresmikan KN Arjuna 229, di Pelabohan Benoa, Denpasar, Rabu (18/03).

Dijelaskan juga oleh Bambang, ada penambahan 4 unit kapal lainnya di beberapa kantor SAR didaerah lain seperti di Medan, Padang, Manado dan Batam.

KN Arjuna 229 dibuat oleh galangan kapal nasional, PT. Karimumun Anugrah Sejati (PT. KAS). Kapal ini adalah kapal kedua milik Basarnas yang diproduksi oleh garalangan PT. KAS.

KN Arjuna 229 memili8ki bobot 126 ton dengan panjang 4 meter, lebar 7,8 meter, tinggi geladak 3,6 meter, dan tinggi sarat 1,8 meter, dengan mesin penggerak 3xmin 1400 HP (medium duty). Dengan kapasitas tangki bahan bakar sebanuak 25 ton kapal ini mampu melaju dengan kecepatam hingga 30 Knot.

“Kapal SAR ini juga dapat digunakan sebagai saraana untuk berlatih bersama dengan potensi SAR, khusus untuk penangan kecelakaan di Laut” tutup Bambang.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca