Jelang Pilkada, Gubernur Bali Siapkan Plt Kepala Daerah di Kabupaten/Kota

1
Gubernur Bali, Made Pastika menerima KPU dan Bawaslu Bali

Denpasar – Gubernur Bali I Made Mangku Pastika segera mempersiapkan pejabat pelaksana tugas (Plt) yang nantinya akan ditugaskan mengganti Bupati dan Walikota dari kalangan pejabat Pemerintah Provinsi Bali pada saat pilkada berlangsung di Kota Denpasar dan 5 kabupaten lainnya.

Demikian disampaikannya saat menerima laporan dari Ketua Komis Pemilihan Umum (KPU) Bali Dewa Raka Sandi dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali, Ketut Rudia diruang kerjanya, Denpasar, Senin (09/02).

Raka Sandi melaporkan kepada Pastika rancangan Pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun 2016, serta dampak yang akan timbul dari pengunduran pemilihan kepala daerah dimana Pemerintah Provinsi harus menyiapkan pejabat pelaksana tugas (Plt) di setiap daerah yang akan melaksanakan Pilkada tersebut.

Hal ini harus ditindak lanjuti oleh Pemerintah Provinsi Bali, karena merupakan konsekuensi dari penundaan Pilkada. Raka Sandi juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali, yang sudah memfasilitasi anggaran dana KPU terutama untuk kegiatan Pilkada yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2016.

Semetara itu Ketut Rudia melaporkan pengawasan Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden sudah selesai dilaksanakan dan akan diserahkan kepada Gubernur Bali. Selain itu, Rudia juga menyampaikan bahwa Bawaslu Provinsi Bali sempat masuk nomisasi penghargaan kategori pengelolaan keuangan dan hubungan kelembagaan di pusat meskipun belum terpilih menjadi yang terbaik.

Rudia juga menyampaikan keadaan gedung Bawaslu yang sangat memprihatinkan, dimana pada saat hujan turun bocor disana sini. Untuk itu, ia mohon perhatian dari Pemerintah Provinsi Bali untuk memperbaiki gedung Bawaslu Provinsi Bali.

Terkait dengan rusaknya gedung, Bawaslu diminta agar berkoordinasi dengan Biro Aset Setda Provinsi Bali sehingga dapat ditindaklanjuti dan diperbaiki.

“Jika gedung tidak bisa digunakan, sebaiknya Bawaslu Bali pindah saja atau bikin gedung baru,” jelas Pastika.

Pada kesempatan itu diserahkan laporan pelaksanaan Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Rencangan Pilkada Kabupaten/Kota oleh Ketua KPU Provinsi Bali kepada Gubernur Bali. Selain itu Bawaslu Provinsi Bali menyerahkan kepada Gubernur Bali, Laporan Pengawasan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca