Disperindag dan BPOM Provinsi Bali Sidak Buah Apel Yang Diduga Mengandung Bakteri

4
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Ni Wayan Kusumawati

Denpasar – Terkait kejadian luar biasa listeriosis yaitu infeksi bakteri yang disebabkan karena menkonsumsi Caramel Apples yang tercemar bakteri patogen Listeria monocytogenes di Amerika, serta adanya himbauan dari Badan POM RI (BPOM RI) agar berhati hati dalam mengkonsumsi buah apel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Bali dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Bali  (BPOM ) turun melakukan sidak terhadap produk apel di beberapa tempat yaitu toko buah Moena Fresh, pasar swalayan Tiara Dewata serta Pasar Badung, Denpasar, pada Rabu (28/01).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Ni Wayan Kusumawati menyatakan, tindakan yang dilakukan pemerintah ini adalah sesuai dengan tupoksi Disperindag sebagai pengawas produk yang masuk ke Bali, serta melindungi masyarakat Bali agar tidak terkena bakteri tersebut.

Kusumawati menjelaskan bakteri Listeria monocytogenes merupakan bakteri patogen yang menyebabkan keracunan dengan gejala yang timbul berupa gangguan pada pencernaan seperti mual, muntah, nyeri disertai demam.

Oleh karenanya, Kusumawati menghimbau kepada masyarakat baik pembeli maupun penjual untuk mengutamakan mengkonsumsi dan menjual buah lokal sesuai dengan peraturan daerah Provinsi Bali tentang penggunaan buah lokal.

Sementara itu Badan POM Provinsi Bali melalui Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan Eka Ratnata menyampaikan bahwa dari Badan POM RI sudah mengeluarkan  edaran bahwa terkait dengan hal ini yang menginformasikan olahan apel caramel yang mengandung bakteri tidak ada yang masuk Indonesia.

Namun apel yang nama dagangnya Granny Smith dan apel jenis Gala, diduga terkontaminasi bakteri tersebut saat fasilitas pengepakan karena menunjukkan adanya cemaran Listeria monocytogenes dengan karakteristik yang sama. Oleh karenanya BPOM Provinsi dan Disperindag Provinsi akan terus melakukan pengawas terhadap produk ini.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca