Bali Darurat Narkoba !

3
Bali Darurat Narkoba

Denpasar – Kasus narkoba di Bali merupakan kasus tertinggi dibandingkan dengan kasus yang lain. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM Bali, I Nyoman Putra Surya menjelaskan, saat ini saja jumlah tahanan terkait narkoba di LP Kerobokan sekitar 450 orang.

Marakanya kasus narkoba selama ini dikarenakan jaringan narkoba di Bali yang semakin kuat. Bali merupakan daerah wisata sehingga menjadi sasaran empuk bagi pengedar narkoba. Bahkan banyak warga negara asing yang menyelundupkan narkoba ke Bali.

“Saat ini kasus narkoba di Bali sangat meresahkan, bisa dibilang Bali juga daerah darurat narkoba,” terangnya, di Denpasar, Jumat (30/01).

Sejauh ini pihak Kemenkumham wilayah Bali berusaha memutus jaringan narkoba yang ada di Lapas Kerobokan.

Para napi narkoba di LP Kerobokan itu nanti akan dipindahkan kerumah tahanan di Bangli yang merupakan rumah rehabilitasi narkoba. Itu juga salah satu memutus jaringan narkoba. “Tidak semua tersangka kasus narkoba yang ditangkap di Denpasar ditahan di LP Kerobokan, sebagian besar mereka kamu tempatkan di LP-LP daerah lain,” tuturnya.

“Kami akui di LP Kerobokan juga menjadi gebong narkoba, kenapa kami bisa mengatakan begitu karena orang-orang yang menjenguk itu berusaha menyelundupkan narkoba,” jelasnya.

Dia mengatakan, berbagai upaya para pengedar narkoba menyeludpkan narkoba, salah satunya dengan cara memasukkan narkoba dalam air mineral, dalam makanan nasi bungkus, bahkan dalam jajanan pasar seperti lemper.

Sementara itu Wakapolda Bali, Brigjen Pol Nyoman Suryasta menjelaskan, Polda Bali juga berusaha memberantas jaringan narkoba.

“Kami dari pihak kepolisian juga sudah berusaha untuk meringkus jaringan narkoba di Bali, bahkan setiap minggu selalu ada jaringan narkoba yang tertangkap, “ungkapnya.

Untuk menemukan jaringan narkoba tidak mudah seperti menangkap pencuri, pasalnya para pengguna maupun pengedar saling menjaga rahasia. “Mereka ini diam-diam, tidak ada yang terbuka, sebab taruhanya nyawa. Semisal satu pengguna narkoba itu kami tangkap belum tentu dia mengatakan dapat barang itu dari mana,” ujarnya.

Untuk memberantas narkoba diperlukan peran serta semua lapiran masyarakat untuk mencegah marakanya penyebaran narkoba. Saat ini peredaran narkoba tidak hanya di kota saja namun sudah merambah ke desa-desa di Bali.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak BNN untuk memberantas peredaran narkoba di Bali,”tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca