Audensi Dubes AS, Gubernur Tegaskan Komitmen Jadikan Bali Destinasi Yang Bersih

4
Robert Blake, Dubes Amerika melakukan pertemuan dengan Gubernur Bali

Denpasar – Gubernur Bali Made Mangku Pastika menegaskan komitmennya untukmenjadikan Bali destinasi pariwisata yang bersih sekaligus sebagai pulau organik. Demikian disampaikannya saat menerima audensi dengan Duta Besar Amerika Serikat Robert Blake, Senin (16/03).

Ia memaparkan program-program dalam visi Bali Mandara yang salah satunya untuk mewujudkan Bali sebagai Green Province dan pulau organik.

“ Suatu hari Bali akan menjadi destinasi yang paling dicari-cari di seluruh dunia,”katanya.

Untuk mendukung menjadi pulau organik Pemprov Bali membentuk 1000 unit simantri, dimana sampai saat ini sudah terbentuk lebih dari 500 unit.

Dari program ini diharapkan bisa diproduksi pupuk organik yang mencukupi kebutuhan pupuk bagi petani di Bali dan mengurangi pemakaian pupuk kimia. Dalam bidang energi, Pemerintah Provinsi Bali juga sudah mulai mengembangkan Energi Listrik Tenaga Surya yang sudah dikembangkan di Kabupaten Bangli dan Karangasem.

Selanjutnya Gubernur berencana membuat kebijakan di mana minimal 10% dari energi yang digunakan di kantor-kantor publik harus berasal dari energi matahari.

Lebih jauh suatu hari Pemprov Bali juga akan menyarankan semua pegawai Pemerintah menggunakan kendaraan berdaya listrik sehingga bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak dan bisa mengurangi polusi.

Dalam pengolahan sampah, sampai saat ini sudah ada 2 pengolahan sampah plastik yang bisa mengolah sampah plastik menjadi barang-barang berguna.

Subsidi juga akan diberikan kepada sekolah-sekolah, serta desa-desa di seluruh Bali agar mau mengumpulkan sampah plastik untuk diserahkan kepada pabrik pengolahan sampah plastik.

Pastika menambahkan bahwa promosi pariwisata memang sangat penting, akan tetapi promosi tidak harus dilakukan dengan bepergian ke luar negeri, akan lebih baik kalau bisa dilakukan dengan cara menjaga destinasi, baik budaya mapupun alam.

Robert Blake yang didampingi Konsul Jendral AS di Bali Mr Monserrete, sangat mengapresiasi program-program yang dilaksanakan Pemprov Bali dalam menjaga destinasinya.

Pada kesempatan itu Ia menyarankan agar sampah bisa dikelola di masing-masing desa, dan tidak perlu membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang besar.

Selanjutnya ia menginginkan adanya kerjasama yang baik antara Bali dan Amerika Serikat, selain dalam pariwisata juga masalah keamanan khususnya masalah terorisme.

Kerjasama sister Province yang dirintis antara Bali dan Hawai selama ini diharapkan akan bisa memberikan mamfaat yang besar bagi kedua daerah.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca