ASDP Kupang Tutup Pelayaran Antar Pulau di NTT

1
Pelabuhan Penyeberangan Bolok Kupang

Kupang – Setelah sempat satu bulan beroperasi dengan normal, sejak Sabtu, 21 Februari 2015 lalu pelayaran antar pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT)ditutup kembali.

Penutupan tersebut menyusul terjadinya cuaca buruk yang melanda wilayah perairan di daerah itu.

Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang, Arnoldus Yansen yang di hubungi reporter Fren247 mengatakan, penutupan semua lintasan pelayaran Kapal Ferry akibat cuaca buruk di wilayah perairan NTT, sehingga semua lintasan pelayaran dihentikan.

Dikatakannya, ketinggian gelombang laut masih antara 2 sampai 5,5 meter, namun karena awal musim barat, arus lautnya sangat kencang. “Ini sangat riskan sekali, karena itu kita tidak mau ambil risiko,” tambah Arnoldus, Senin (23/2/).

Dijelaskannya, bahwa penutupan pelayaran itu merupakan keputusan manajemen ASDP Kupang setelah melakukan koordinasi dengan pihak Syahbandar Kupang.

“Kami belum memastikan batas waktu penutupan, namun informasi cuacanya akan tetap kita tunggu dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kupang, kalau nanti sudah buka akan tetap disampaikan ke masyarakat melalui media,” kata Arnoldus.

Sementara informasi prakiraan cuaca yang diperoleh dari BMKG Kupang, angin bertiup dari arah barat daya dan barat laut dengan kecepatan berkisar antara 15 – 25 knot. Tinggi gelombang laut signifikan berkisar antara 2,5 – 5,5 meter.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca