14 Armada Kapal LTC Mogok, Simpatisan PDIP Terancam Batal Hadiri Pembukaan Kongres

2

Jembrana – 14 Armada kapal LCT mogok di Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang Banyuwangi. Ribuan simpatisan PDIP yang datang dari Jawa menggunakan jalur darat dengan sarana angkutan bus, terancam batal memeriahkan kongres PDIP IV di Sanur, Bali.

Aksi mogok ini dilakukan sejumlah perusahaan kapal di Gilmanuk dan Ketapang menyusul adanya Keputusan Dirjen Perhubungan Darat IR No. SK 885/AP.005/DLJD/2015 tentang larangan penggunaan kapal LCT sebagai angkutan penyebrangan. Keputusan tersebut menuai protes dari perusahan kapal LCT yang selama ini melayani penyebrangan Ketapang-Gilimanuk.

Aksi mogok tersebut dilakukan di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi pada Rabu (08/04) sejak pukul 09:00 WITA.

Sebanyak 14 armada kapal LCT milik 9 perusahan yang tergabung dalam Gabungan Perusahan Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) ikut dalam aksi mogok tersebut, salah satunya kapal LCT Sri Tanjung milik Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur.

Direktur Oprasional ASDP Gilimanuk Wahyudi Susianto membenarkan ada 14 armada kapal LCT mogok beroprasi.

Menurutnya mereka mogok sebagai ungkapan protes atas keputusan Dirjen Perhubungan Darat, sesuai surat yang diajukan oleh DPC Gapasgap Banyuwangi kepada Kapolres Banyuwangi dan Kapolres Jembrana tentang permohonan keamanan terkait aksi mogok yang mereka lakukan.

“Sebenarnya mulai bulan Mei mendatang semua kapal LCT tidak boleh melayani penyebrangan. Tapi LCT mulai hari ini sudah tidak beroperasi sebagai ungkapan protes, sampai batas waktu yang tidak ditemtukan sesuai surat yang mereka ajukan,” paparnya.

Menurutnya dalam surat aksi protes tersebut mereka meminta pihak pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi kapal LCT agar bisa beroprasi melayani penyebrangan hingga tahun 2017 mendatang.

“Karena LCT mogok, kita operasikan tiga KMP untuk melayani penyebrangan di LCM. KMP di dermaga MB juga bisa membantu memuat truk-truk dengan berat muatan dibawah 20 ton. Kalau di atas 20 ton dilayani tiga KMP yang beroprasi di dermaga LCM,” jelasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca